Jumat, 08 Februari 2013

Pernikahan Adat Suku Karo

Kali ini ane bikin trit pernikahahan ala orang karo gan,, bukn perkimpoian,,

Ane berharap bisa dapat dan bukan dpt

Pada umumnya pernikahan masyarakat suku Karo dilaksanakan di suatu tempat yang sering disebut dengan Jambur. Jambur ini merupakan aula yang kosong dengan segala pernak-pernik untuk melakukan adat istiadat. Biasanya Jambur tidak dilengkapi dengan kursi ataupun meja, karena para pelaksana acara ataupun pengunjung akan duduk diatas tikar yang bertujuan agar tidak ada kesenjangan sosial, sama-sama berada dibawah. â??itu sih menurut ane ganâ??.
Didalam Jambur ini, terdapat dua bagian yaitu untuk pihak Wanita dan Pihak Pria. Hal ini tidak ditentukan disebelah kiri ataupun kanan. Biasanya itu ditentukan secara musyawarah saja.
Ketika memasuki Jambur (dalam pernikahan), para tamu akan diberikan makanan/snack khas karo yaitu Cimpa dan segelas minuman sembari untuk menunggu acara.



Ini Tata Cara nya gan

1.Perkenalan antara kedua belah pihak
Pertama seorang anak laki-laki dengan seorang gadis telah membuat kesepakatan untuk menempuh suatu kehidupan yang baru.Maka dari itu mereka saling membri tahu orang tua mereka masing-masing.Dari kesepakatan itu orang tua mereka masing-masing memberitahukan kepada anak beru mereka masing-masing untuk membicarakan kapan bisa kerumah kalimbubu untuk berbincang-bincang sekalian untuk berkenalandan dibicarakan tentang rencana â??Mbaba belo selambarâ??.

2.Mbaba belo selambar
Dalam peradatan orang karo mbaba belo selambar itu tempat berkumpul dirumah kalimbubu.Disini pihak laki-laki membawa nasi dengan lauknya untuk makan sebelum percakapan itu dimulai.Setelah acara makan selesai maka dari itu pihak dari laki-laki memulai percakapan antara anak beru kedua belah pihak,dalam acara mbaba belo selambar ini kalimbubu singalo ulu emas belum ada panggungnya,kalimbubudisitu hanya mendengarkan saja,dimana nanti kurang lebihnya kalimbubulah yang melengkapi.Dari pihak dari perempuan telah ikut singalo bere-bere.Setelah selesai percakapan ini maka acara ini dinamai â??Mbaba belo selambarâ??.

3.Nganting manuk
Disini dibicarakan tentang gantang tumba kalimbubu dan mata kerja(tanggal/bulan/tahun).Dalam nganting manuk ada dipakai yang namanya kampil sebanyak 6.

4. Kerja adat(ersukat emas)
Dalam kerja adat ini maka kumpullah semua sanak saudara dari pihak laki-laki dan perempuan yang diundang.Disitu dimulailah runggu sangkep nggeluh yang diawali dengan doa baru runggu dimulai.Tahapannya yaitu :sukut antara kedua belah pihak untuk melihat kedatangan anak berusi empat merga beserta kalimbubu/puang kalimbubu dengan anak berunya.Dibubarkanlah janji sebelum nganting manuk ,jika tidak ada perubahan ,maka sebelum dijalankan/dibayari utang maka terlebih dulu ditanya ketulusan antara pengantin.Apa makna dari pesta itu,dari situlah maka dijalankan utang adat,biasanya disitu dijalankan 3 kali,dalam pesta adat ini biasanya dibuat sijalaben ada uga yang dilakukan sewaktu nganting manuk(6 dari pihak laki-laki dan 5 dari pihak perempuan). Sewaktu pihakpengantin perempuan memberikan utang peradaten kepada sanak saudaranya ,maka dijemput dulu pengantin perempuan sebentar ke jabu kalimbubu oleh pihak pengantin laki-laki untuk membayar utang adat kepada singalo ulu emas, setelah itu diantar kembali ke jabu kalimbubu.Siap itu tikar runggu dilipat,maka semua sanak saudara berdiri untuk menjemput pengantin perempuan diiringi dengan laguâ??Mbaba kampilâ??.Siap itu kedua pengantin menari dan bernyanyi antara 2 dan 3 lagu,kemudian pengantin diantar kepelaminan beserta dengan orang tua kedua belah pihak.Setelah itu maka dimulai menyampaikan/berbicara berganti-gantian yang biasanya dimulai oleh sukut dari pihak pengantin laki-laki dan seterusnya.ketika jam 1 disinilah jamnya makan siang/pekesahken,siap itu maka dilanjutkan acara menyampaikan kata-kata oleh sanak saudara kedua belah pihak.

Spoiler for Skema Tempat :



5.Persadaan tendi
Persadaaan tendi ini biasanya disiapkan nasi beseerta lauknya untuk pengantin,makanan itulah yang memberikan tenaga yang baru,tenah beru kepada kedua pengantin ,mereka makan sepiring berdua didalam kamar yang telah di siapkan,disitu tidak ada terkhusus yang mana bagian pengantin laki-laki dan bagian pengantin perempuan.Dalam acara ini biasanya dibuat ngapuri belo yang diberikan kepada pihak yang rebu/erturangku/bengkila,maupun kepada yang merubah tutur mereka.

6.Ngulihi tudung
Artinya disini setelah 2-4 hari acara pesta selesai datang kerumah kalimbubu mengambil pakaian pengantin perempuan,biasanya dibawa nasi beserta lauknya.Acara disini hana sekedar mengambil/ menjemput pakaian pengantin perempuan sekaligus untuk minta doa agar sungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan yang baru.

7.Ertaktak kerna biaya/pengeluaran
Ini biasanya dilakukan setelah acara pesta adat selesai dirumah kalimbubudalam waktu yang telah ditentukan,disini ditanya masalah pengeluaran dalam acara pesta adat.Manatahu masih ada utang yang belum dibayar,baik dari anak beru,sembuyak maupun kalimbubu.Disini anak beru makan bersama dengan kalimbubu,disini diselesaikanlah semua masalah biaya.

Spoiler for Foto foto:

Sekian trit ane hari ni gan,, moga moga ane dapat

bluejapan724 08 Feb, 2013


-
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5115042e4f6ea1bd07000006/pernikahan-adat-suku-karo?goto=newpost
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar