Kamis, 07 Februari 2013

WIRAUSAHA: CARA PEMBUATAN NATA DE SOYA DARI LIMBAH TAHU

Air limbah tahu mengandung bahan-bahan organik seperti protein, lemak dan karbohidrat yang mudah busuk sehingga apabila dibuang akan menimbulkan pencemaran dan bau yang tidak sedap. Limbah tahu juga mengandung vitamin B yang larut dalam air, lesetin dan oligosakarida. Limbah cair tahu ini memiliki peluang ekonomis dan potensi gizi yang baik bila diolah menjadi produk pangan, salah satu produk yang berpotensial adalah nata de soya.

1. Air limbah tahu segar diendapkan, disaring dengan kain kassa, dipanaskan sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
2. Tambahkan cuka (10 ml untuk 1 liter limbah cair tahu) dan gula pasir (80 gr untuk 1 liter limbah cair tahu) diaduk hingga gula larut.
3. Tambahkan urea 5 gr untuk 1 liter limbah cair tahu
4. Media nata ditambahkan bibit/starter nata (1 liter media nata membutuhkan 50-100 ml bibit). Kemudian pindahkan kedalam wadah-wadah fermentasi dengan ketinggian media 4 cm. wadah ditutup dengan kertas yang telah dipanaskan didalam oven pada suhu 140o C selama 2 jam. Wadah berisi media disimpan diruang fermentasi selama 12-15 hari sampai terbentuk lapisan nata yang cukup tebal (1.5 - 2 cm).

silahkan mencoba....

sumber: ini diambil dari brosur dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata.... no hoax....

andi msc 07 Feb, 2013


-
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5113b30ee374b4c40f000006/wirausaha-cara-pembuatan-nata-de-soya-dari-limbah-tahu?goto=newpost
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar